Volume ke dua dari manga Le Portrait de Petit Cossette sudah dirilis. Telatkah berita ini? semoga nggak ^^; Secara kualitas, grafis di volume 2 sekarang mengalami peningkatan, bahkan di beberapa scene gambarnya keren banget, sepertinya aku terlalu meremehkan kemampuan mangakanya di postinganku yang pertama, lol. Anyway, seperti yang sudah dibahas, plot di manganya memang ada perbedaan dengan animenya, meskipun demikian masing-masing versi mempunyai kelebihan tersendiri. Versi anime dengan insert songnya "Ballad" yang sendu habis dan visualisasi adegan plus musik yang gila-gilaan, sementara versi manganya memiliki banyak adegan original yang menarik dan chemistry antara Eiri dan Cossette yang diulas lebih mendalam. Ending untuk versi manganya, kalo aku bilang, malah lebih tragis daripada versi animenya (padahal animenya sendiri sudah cukup tragis ^^;), kalo ada yang baca manganya dan terasa tamatnya menggantung kaya diputus, well, memang ending versi manganya ya seperti itu.

Btw di versi manganya kalian bisa melihat Cossette dengan wedding dressnya yang berwarna hitam! XD~~ sayang Eiri tidak memakai jas warna putih di adegan itu, coba kalo iya, pasti bakal keren banget >_> (biasanya kan yang hitam cowok, yang cewek putih XD) Dan entah kenapa aku merasa cerita versi manga mirip dengan legendanya Orpheus ^^

Terakhir, jika kalian sudah membaca manganya atau menonton animenya pasti tahu soal "ritual" dong. Di anime, saat ritual berlangsung, lagu yang dipakai berjudul Moonflower (download di sini). Jika kalian dengarkan di lagu ini, biarpun kesannya mistis tapi masih ada aroma musik perancisnya, dan satu lagi, sepertinya sampai sekarang belum ada orang yang tahu lirik lagunya >_> (btw, yang cuma baca manga, sayang sekali di versi manga Cossette masih tetep pakai baju saat ritual, fufufu, di anime dia cuma memakai satu lembar kain loh XD~ )